Strategi Bisnis Film The Founder (2017)
Siapa sih yang gak tau
restoran cepat saji asal dari Amerika Serikat? yang bertagline “I’m lovin it!”,
pasti tau lah ya apalagi kalau bukan Mc Donald’s. Nih buat kalian yang belum
nonton atau belum tau, disini aku akan mengulas sedikit sinopsis dari film the
founder hingga strategi bisnis yang Ray Kroc lakukan untuk
membangun restoran Mc Donald’s.
Sinopsis Film The
Founder (20 Januari 2017)
Film the founder ini ditulis oleh Robert Siegel yang menceritakan tentang perjalanan
Ray Kroc membangun usaha Mc Donald’s restoran cepat saji paling sukses di
seluruh dunia. Diperankan oleh Michael Keaton menceritakan kisah awal Ray Kroc
sebagai sales mixer yang sering
mendapatkan penolakan saat ia menawarkan produknya. Hingga pada akhirnya ia
bertemu dengan Maurice dan Richard Mc Donald’s yang menjalankan usaha burger
yang sukses pada saat itu. Ray Kroc tertarik pada ide Mc Donald’s bersaudara
dan tertarik untuk menjalankan kerjasama dalam bentuk franchise. Ia membayangkan bahwa usaha tersebut bisa berkembang di
seluruh amerika seperti banyak nya gereja yang ada di seluruh Amerika. Dalam
menjalankan kerjasama antara keduanya banyak terjadi perdebatan dan konflik
kepentingan. Ray Kroc dengan ide-ide gila nya berseberangan dengan Mc Donald’s
bersaudara yang sangat mempertahankan standar dari usaha yang mereka jalankan.
Disutradarai oleh John Lee Hancock film tersebut menggambarkan bagaimana
perjuangan seseorang dalam membangun usaha dimulai dari titik terendah hingga
sukses seperti sekarang lengkap dengan konflik yang terjadi.
Manajemen Bisnis Film The Founder
Analisis Bisnis
Tahapan ini adalah tinjauan
proyeksi penjualan, biaya, dan laba produk baru untuk mengetahui apakah
faktor-faktor ini memenuhi tujuan perusahaan. Dalam film The Founder, tahapan
ini dilakukan oleh Maurice dan Richard Mc Donald’s bersaudara ketika mereka
awalnya menjual banyak produk dan akhirnya memutuskan untuk hanya menjual tiga
produk saja yaitu burger, kentang goreng, dan cola. Keputusan itu mereka ambil
karena produk dengan penjualan terbesar adalah tiga produk tersebut. Tiga
produk tersebut menyumbang sebesar 87% dari total penjualan Mc Donald’s. Biaya
yang dibutuhkan untuk membuat ketiga produk tersebut tidak terlalu besar karena
tidak membutuhkan alat yang banyak dan bahan-bahan yang mudah didapatkan.
Berdasarkan proyeksi penjualan dari Mc Donald’s tiga produk tersebut menyumbang
sebagian besar dari laba yang didapatkan oleh Mc Donald’s.
Pengembangan Produk
Tahapan ini adalah pengembangan
konsep produk menjadi produk fisik untuk memastikan bahwa ide produk dapat
diubah menjadi penawaran pasar yang bisa diterapkan. Setelah melewati tahapan
analisis bisnis, dapat diambil kesimpulan bahwa burger, kentang goreng, dan
cola adalah produk yang memiliki potensi besar laku di pasaran. Mc Donald’s mengembangkan
produknya dari segi layanan. Mc Donald’s menggunakan sistem layanan yang
bernama “Speedy Service System”. Speedy Service System adalah konsep
menyajikan makan dengan cepat yang hanya
membutuhkan waktu 30 detik hingga makanan siap dihidangkan kepada konsumen
untuk kemudian siap disantap.
Test Marketing
Tahapan test marketing adalah
tahap pengembangan dimana produk dan program pemasaran yang dibuat diuji di
pasaran. Setelah produk yang diputuskan dijual dan sudah melalui tahap
pengembangan produk, selanjutnya produk tersebut melalui tahapan test
marketing. Test marketing yang dilakukan oleh Mc Donald’s dilakukan secara
langsung dengan menjual produk mereka di gerai Mc Donald’s. Awalnya sistem
servis yang mereka tawarkan tidak disukai oleh konsumen karena pada saat itu
umumnya restoran lain melayani konsumen dengan mengantarkan makanan ke mobil
konsumen, sedangkan Mc Donald’s menggunakan sistem antrian yang mengambil
langsung pesanan di gerai. Namun lama kelamaan sistem tersebut disukai oleh
konsumen karena menawarkan suasana baru yang membuat konsumen dapat
bercengkerama dengan keluarga atau teman-temannya di mobil atau di tempat duduk
yang disediakan oleh Mc Donald’s.
Komersialisasi
Tahapan komersialisasi
adalah memperkenalkan produk ke pasaran. Mc Donald’s melakukan tahapan ini
bersamaan dengan tahap test marketing. Mc Donald’s memperkenalkan produknya
sekaligus mengobservasi apakah produknya akan laku di pasaran.
Membuat iklan yang bertujuan untuk membangun
kesadaran produk di kepada investor karena dalam perkembangannya Mc Donnald’s
memerlukan investor-investor yang bersedia menginvestasikan uangnya dengan
membuka usaha restoran fast food. Dengan
semakin banyaknya cabang maupun franchise yang dibuka, maka keuntungan yang
didapatkan Mc Donald’s semakin besar dan kesadaran konsumen akan adanya
restoran tersebut semakin luas.
Strategi Bisnis Film The Founder
Untuk menarik perhatian, diperlukan promosi penjualan
yang besar seperti memasang baliho dan mengiklankan melalui radio dan televisi.
Selain itu promosi berupa diskon atau kupon juga penting dilakukan. Pada tahap
ini promosi mulut ke mulut masih dianggap penting adanya untuk memperkenalkan
restoran Mc Donnald’s kepada publik. Promosi pada tingkat yang sama atau bahkan lebih
tinggi karena tujuan terdapat lebih dari satu tujuan utama yaitu menjaga
penjualan di segmen pasar sebelumnya dan menambah promosi kepada segmen pasar
baru, serta untuk memenangkan persaingan.
Pada tahap pertumbuhan, perusahaan
harus memilih antara pangsa pasar yang tinggi dan laba yang tinggi. Dengan
mengeluarkan banyak uang untuk promosi, perusahaan dapat mencapai posisi
dominan. Namun, untuk itu perlu melepaskan keuntungan maksimun dan
mengalihkannya kepada promosi. McDonnald’s perlu lebih memperhatikan produk-produk
yang mengalami penurunan permintaan secara drastis. Kemudian, McDonnald’s harus
mengambil keputusan: tetap mempertahankan atau menghapus produk yang menurun
dari menu. Strategi umum untuk tahap penurunan meliputi
pemotongan harga, memilih distribusi selektif dengan menghapus outlet yang
tidak menguntungkan dan mengurangi iklan serta promosi penjualan ke tingkat
yang diperlukan untuk mempertahankan hanya jenis konsumen yang paling loyal.
Dari kisah perjalanan Ray banyak sekali kegagalan dan penolakan yang ia alami saat menawarkan produknya, namun dari keberaniannya kita bisa melihat bahwa suatu usaha tidak akan mengkhianati hasil. Buah manis yang diraih oleh Ray adalah kesuksesannya dalam daur ulang produk dari Mc Donald's ia kembangkan, hingga terkenal dan terjual sampai keseluruh dunia. Semoga kisah ini bisa memotivasi atau menginspirasi kalian untuk mendirikan usaha. Fighting spirit for you and don't give up! :)
Dibuat oleh :
Andini Nurul Amri (17311065)
Tugas Bisnis Digital
Referensi :
No comments:
Post a Comment